Senin, 09 Agustus 2010

"komunikasi jalan menuju sukses"


sejak dulu saya sering bertanya di pada diri sendiri,mengapa banyak orang yang mempunyai potensi tinggi tidak mampu mencapai puncak karier dalam hidupnya.apadahal kalau kita lihat dalam kmpetisi yang di milikinya,boleh di bilang di atas rata-rata.di lain sisi,banyak orang ayang mempunyai kemampuan sedang-sedang saja,namun mampu mencapai puncak karier.

ketika saya melamun tentang kejadian ini,tiba-tiba ada sederet kalimat yang muncul pada diri saya.bila di iabaratkan seperti emas dan berlian itu disimpan di suatu tempat yang rahasia.dimana tiadak ada orang yang tahu,maka emas dan berlian tersebut tidak mampu mendatangkan manfaat bagi manusia.

demikian juga dengan orang yang multi talenta,jika tidak ketemu dengan orang yang memerlukan maka talentanaya tidak bisa di optimalkan untuk meraih sukses dalam hidupnya.karena sejatinya manusialah yang mendirikan perusahaan,manusia yang menjadu supplier,manusia yang jadi pelanggan,yang memperkerjakan orang-orang ayang profesional dan kompeten.oleh karena itu,orang yang memiliki multi talenta mesti di ketahui oleh oyang yang membutuhkan sehingga dia memperoleh ruang untuk mengembangkan talentanya.

bagaimana cara orang mengetahui kompetisi kita?
mesti ada orang lain yang memberitahu,bisa kita sendiri atau melalui orang lain.dengan kata lain ada yang "mengkomunikasikannya" ke orang yang membutuhkannya tadi.jadi yang menjadi kata kuncinya adalah "KOMUNIKASI",apa yang di maksud dengan komunikasi?

komunikasi adalah proses memberi,menerima atau bertukar informasi,pendapat atau ide,perasaan melalui perkataan,tulisan atau alat-alat peraga atau melalui kombinasi ketiganya.komuniakasi memegang peranan yang sangat penting bagi kita untuk membantu mewujudkan hubungan yang sehat dan penuh penghargaan,baik di dunia kerja,sosial,keluarga.oleh karena itu kita mesti memiliki keahlian komunikasi yang baik.untuk mencapai komunikasi yang baik di lakukan dengan jelas,benar,penuh pertimbangan lengkap dan singkat dan mesti juga memperhatikan beberapa hal,antara lain:
1. siapa yang diajak berkomunikasi.
2. siapa yang mengkomunikasikan.
3. apa isi yang tepat untuk di komunikasikan.
4. di mana lokasi yang tepat untuk mengkomunikasikan pesan tersebut.
5. kapan waktu yang tepat untuk berkomunikasi.
6. bahasa,mesia yang di pakai untuk komunikasi.

kemampuan untuk berkomunikasi adalah salah satu bentuk dari kecerdasaan emosi,banyak psokolog percaya bahwa kecerdasan emosi memiliki kontribusi yang lebih besar untuk meraih sukses dalam hidup di bandingkan dengan kecerdasan otak.kelihaian atau kepandaian dalam berkomunikasi di butuhkan awal menulis lamaran kerja,test wawancara,untuk meyakinkan owner tentang kualitas kita.saat kita di terima menjadi karyawan,peranan komunikasi pun tidak kalah penting untuk menjaga hubungan baik antara atasan dengan bawahan,dengan pelanggan,agar para stake holder memahami dengan baik kemampuan kita diperlukan komunikasi yang baik.

untuk memenangkan persaingan kita perlu kepercayaan dan hati,keduanya bisa kita dapatkan bila kita memiliki komunikasi yang baik.orang lain mengetahui kemampuan kita setelah mereka menyaksikan ukti nyata.
1. penampilan
2. perkataan
3. nada bicara
4. apa yang di lakukan
5. bagaimana melakukan
6. pencapaiannya
jadi bila kita ingin sukses di bidang kita masing-masing.maka kemampuan berkomunikasi yang baik adalah hal yang mutlak untuk dimiliki.

Tidak ada komentar: