Jumat, 13 Agustus 2010

"jayalah negeriku,jayalah bangsaku"


indonesia sudah lebih dari setengah abad merdeka,tetapi rakyatnya masih terbelenggu dengan kemiskinan,banyaknya pengangguran,belum meratanya infrastruktur di segala bidang terutama:jalan,listrik,PDAM dan sebagainya.apakah yang akan pemerintah lakukan untuk mengatasi segala belenggu yang ada di negeri ini? indonesia pernahy di takuti oleh dunia internasional setelah kemerdekaanya,indonesia pernah merajai pentas olah raga asia tenggara (asean games) akhir tahun 80-an,indonesia pernah menjadi negara swasembada pangan dunia.tetapi kenapa sekarang negeri ini menjadi bertolak belakang?

saat ini indonesia terkenal dengan negara transit para teroris,indonesia menjadi negara terkorup di dunia,indonesia menjadi negara pengimpor beras dan yang lebih parahnya lagi setiap tahun indonesia harus menyediakan uang lebih dari 100 triliun untuk membayar hutang-hutang negara.kemanakah hasil bumi pertiwi ini ini yang kaya akan hasil bumi? ini semua di ambil oleh seseorang atau sekelompok orang yang berhati iblis,yang hanya memikirkan perut sendiri,hanya memikirkan kekayaan sendiri dan hanya memikirkan serta kepentingan diri sendiri dan golongan dari pada memikirkan nasib bangsa,nasib rakyat.dimanakah rasa keadilan sosial? padahal pancasila dengan jelas berbunyi "keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia".

selain itu di dalam UUD 1945 pasal 33 dan 34 juga mengatur kesejahteraan sosial.pasal 33 tersebut terdiri dari 3 ayat,antara lain:
1. perekomonian disusun segenap usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan
2. cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
3. bumi,air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara,dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

di dalam pasal 33 tersebut juga tercantum demokrasi ekonomi,produksi di kerjakan oleh semua orang,untuk semua dibawah pimpinan atau pemilik anggota-anggota masyarakat.kemakmuran rakyatlah yang di utamakan,bukan kemakmuran orang per-orang.sebab perekonomian itu di susun sebagai uasaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan.maka bangunlah perusahaan yang sesuai dengan itu yaitu koperasi.

perekonomian berdasarkan atas demokrasi ekonomi,kemakmuran bagi semua orang.sebab itu cabang produksi yang paling penting bagi negara.kalau tidak,tampuk produksi jatuh ke tangan orang-orang yang yang berkuasa dan rakyat yang banyak tertindas.pasal 33 merupakan pasal yang penting dan essensial,karena pasal ini menyangkut pelaksanaan daripada demokrasi ekonomi dan keadilan sosial.dan semangat mewujudkan keadilan sosial juga terpancar dalam pasal 34 yang mengatur fakir miskin dan anak-anak terlantar di pelihara oleh negara.

tetapi saat ini ekonomi indonesia tidak menganut paham pasal 33 dan 34.bukan kemakmuran yang rakyat dapatka tetapi kemelaratanlah yang didapat,salah satu contoh nyata yang saat ini terjadi di lingkungan sekitar kita adalah semakin melambungnya harga-harga bahan-bahan pokok yang sulit terjangkau oleh rakyat kecil,banyaknya anak-anak jalanan yang putus sekolah berkeliaran dijalanan.

apalagi saat ini indonesia sudah memasuki "ASEAN FREE TRADE AREA (AFTA),dengan diberlakukannya ini,banyak pengusah-pengusaha atau pengrajin-pengrajin kecil yang gulung tikar akibat banyaknya produk-produk dari luar yang masuk ke indonesia dengan harga yang sangat murah.bagaimana pemerintah menyikapi permasalahan ini? apa yang harus dilakukan dan yang harus di benahi dari segala aspek ekonomi? agar tidak semakin banyaknya pengrajin-pengrajin kecil yang gulung tikar akibat AFTA tersebut dan menambah pengangguran.

untuk menghadapi AFTA kita harus menyiapkan sumber daya manusia yang terampil dan siap bersaing dan berkompetisi dengan tenaga-tenaga asing yang banyak masuk ke negeri ini.apalagi negara kita banyak kekurangan SDM yang terampil.untuk itu yang harus kita lakukan adalah:
1. menyempurnakan sistem pendidikan nasional
2. pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas rakyat indonesia
3. melakukan pendidikan secara terpadu serta mengembangkan kerjasama pendidikan dengan dunia usaha seperti SMK saat ini.
4. meningkatkan mutu di setiap jenjang pendidikan,khususnya memacu pada penguasaan ilmu pengetahuan dan tehnologi
5. meningkatkan dan memperluas pendidikan di luar sekolah,termasuk pendidikan yang bersifat kemasyarakatan
6. meningkatkan pendidikan dan pembinaan guru serta tenaga pendidik lainnya secara terpadu
7. menyempurnakan,meningkatkan dan mendayagunakan sarana dan prasarana pendidikan termasuk jumlah dan mutu buku pelajaran
8. mengembangkan budaya keilmuan sedini mungkin secara berkelanjutan dan berkesinambungan di kalangan masyarakat luas.
9. meningkatkan daya guna dan partisipasi lembaga penelitian dan pengkajian

selain itu,untuk mengurangi pengangguran di indonesia yang setiap hari,bulan dan tahun yang semakin bertambah,sebaikinya pemerintah menambah dan meningkatkan jumlah balai-balai pelatiha yang bisa memberikan ilmu atau pengetahuan yang bersifat iptek agar mereka bisa menyerap dan bisa di implementasikan di kehidupan sehari-hari dengan membuka usaha kecil yang dapat menyerap tenaga-tenaga di sekitar tempat tinggal mereka,serta dapat mengurangi sedikit pengangguran.

selain itu infrastruktur yang ada di indonesia juga harus di tingkatkan,salah satunya jalan.sebab jalan merupakan alat vital untuk meningkatkan perekonomian.saat ini banyak daerah-daerah di indonesia yang jala-jalannya sangat memprihatinkan,bahkan masih ada daerah yang belum bisa dilalui dengan jalan darat.di pulau sumatera sudah ada jalan trans sumatera yang menghubungkan seluruh provinsi yang ada di pulau sumatera bahkan bisa ke pulau jawa.begitu juga dengan pulau jawa,sudah mempunyai kalan trans jawa yang menghubungkan provinsi-provinsi yang ada di pula jawa.di kalimantan belum ada jalan trans nya yang menghubungkan seluruh provinsi yang ada di pulau kalimantan.di irian jaya,menteri pekerjaan umum sudah mencanagkan akan membangun jalan sepanjang 3.100 km.

kalau infrastruktur jalan ini terpenuhi,maka akan banyak investor yang masuk dan menanamkan modalnya di indonesia.dan itu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut dan akan mengurangi pengangguran yang selama ini semakin meningkat.lebih dari itu,keamanan juga harus terjamin.

kapankah indonesia bisa meraih kejayaannya? kapankah indonesia keluar dari krisis ekonomi yang berkepanjangan? kapankah indonesia menjadi negara yang makmur dan sejahtera? kapankah rakyat indonesia keluar dari jalur kemiskinan? jayalah negeriku,jayalah bangsaku,jayalah indonesia tumpah darahku,namamu akan selalu terukir di dalam hati seluruh rakyatmu.

8 komentar:

Unknown mengatakan...

saat ini indonesia terpuruk akibat imbas moneter yang terjadi tahun 1998 dan saat ini rakyat indonesia semakin terjerat kemiskinan yang berkepanjangan.pemerintah memberikan bantuan kepada rakyat,misalnya BLT,subsidi BBM dengan menerbitkan gas elpiji 3 kg sebagai pengganti minyak tanah.tetapi dengan diberikannya gas elpiji tersebut,banyak terjadi ledakan yang di akibatkan oleh tabung gas tersebut,apa yang seharusnya di lakukan pemerintah?
dan indonesia pernah menjadi negara super power,banyak mengekspor barang-barang ke luar negeri,bagaimana cara pengaturan devisanya? bera0pa macam devisa dan cara perolehannya? dan bagaimana penggunaan devisa tersebut?

Unknown mengatakan...

saya sangat setuju dengan kamu,untuk meningkatkan SDM dan mengurangi penganguran yang ada saat ini,pemerintah harus banyak membuat lembaga-lembaga pelatihan yang bisa di serap ilmunya oleh masyarakat banyak.balai pelatihan tersebut sangat penting untuk membuat rakyat indonesia terampil dan dapat bersaing tenaga-tenaga asing.
salam kenal ya .

Unknown mengatakan...

rakyat indoneswia seperti di jajah kembali oleh bangsa asing.tetapi sekarang bukan bangsa asinh yang menjajah bangsa ini tetapi orang-orang bangsa ini sendiri yang menjajah bangsanya hanya untuk menumpuk kekayaan untuk kepentingan pribadi,keluarga dan golongan.
dimanakah hati nurani mereka? dimanakah rasa keadilan mereka? dimanakah rasa kemanusiaan mereka?orang-orang tersebut tidak mengamalkan pancasila,terutama sila ke 2 dan 5 yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.apakah mereka itu bisa menjabarkan arti dari 2 sila tersebut?

http://tabraniandryan.blogspot.com mengatakan...

salam kenal ya mas bagus.
sekarang memang banyak orang-orang yang tidak memperdulikan nasib orang banyak,mereka merampas kekayaan negara untuk kepentingan orang-seorang atau golongan.tidak ada hati nurani di hati mereka terhadap nasib bangsanya.makanya banyak orang yang korup di negeri ini yang mementingkan diri sendiri di atas kepentingan umum.yang kaya semakin kaya,yang miskin semakin tertindas.

saya coba akan menjabarkan arti dari sila ke 2 dan 5.
1. sila kemanusiaan yang adil dan beradab ( sila ke 2).
a. mengakui persamaan derajat,persamaan hak dan kewajiban antara manusia
b. saling mencintai sesama manusia
c. mengembangkan sikap tenggang rasa
d. tidak semena-mena terhadap orang lain
e. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
f. gemar melakukan kegiatan kemanusiaan
g. berani membela kebenaran dan keadilan sosial
h. sikap saling hormat menghormati antar sesama manusia


2. sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia (sila ke 5).
a. mengembangkan perbuatan-perbuatan yang luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan
b. bersikap adil
c. menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
d. menghormati hak-hak orang lain
e. suka memberikan pertolongan kepada orang lain
f. menjauhi sikap pemerasan terhadap orang lain
g.tidak boros
h. tidak bergaya hidup mewah
i. tidak melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan umum
j. suka bekerja keras
k. menghargai hasil karya o5rang lain
l.bersama-sama melakukan dan mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial

Unknown mengatakan...

terima kasih atas penjabarannya.semoga ini bisa bermanfaat untuk saya dan orang lain.

Unknown mengatakan...

iya benar...prestasi indonesia saat ini sangat merosot banget .padahal dulunya indonesia sangat berjaya di asean game di era akhir tahun 80an.tapi sekarang dunia olah raga tanah air sangat memprihatinkan.kurangnya pembinaan para atlit.dan kurangnya kepedulian pemerintah terhadap nasib para atlit-atlit kita yang berprestasi.begitu banyak atlit bekas atlit kita yang hidupnya di bawah garis kemiskinan padahal mereka dulunya pernah mengharumkan nama indonesia di pentas internasional.

Unknown mengatakan...

saya sangat setuju dengan infrastruktur jalan.jalan merupakan akses utama untuk kemajuan ekonomi bangsa,untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.tapi apakah nantinya akan semakin banyak oarang yang korupsi? negeri inikan terkenal dengan tingkat korupsinya yang sangat tinggi.

Unknown mengatakan...

kasihan rakyat,mereka harus menanggung beban hutang-hutang negara yang semakin tahun semakin meningkat.ditambah lagi banyaknya orang yang tidak bertanggung jawab dengan mencuri uang negara alias koruptor.buatlah UU korupsi dengan hukuman yang seberat-beratnya.agar tidak ada lagi orang yang berani mencuri 7uang negara,uang negara adalah uang rakyat.