Minggu, 25 Juli 2010

"KAPANKAH INDONESIA KEMBALI KE MASA KEJAYAANNYA? JAYALAH NEGERIKU,JAYALAH BANGSAKU,JAYALAH INDONESIA"


pada masa awal kemerdekaa republik isdonesia,negeri ini pernah di takuti dunia internasional dengan orasi-orasi yang di sampaikan bung karno.kemudian masa pemerintahan orde baru dengan sistem pelita yang di canangkan presiden soeharto,indonesia berhasil menjadi negara swasembada pangan dunia,dengan daerah lumbung padi nya karawang,jawa barat dan pembangunan mulai di samaratakan,tetapi itu hanya di daerah pulau jawa saja,daerah-daerah lain belum sepenuhnya terealisasi,khususnya kaliamntan dan irian.,di awal tahun 90-an indonesia juga menjadi raja di pentas olah raga asia tenggara.tetapi,kenapa sekarang indonesia terpuruk seperti ini,kenapa sulit untuk bangkit.?
kenapa negeruki,bangsaku,tumpah darahku indonesia begitu terpuruk? apakah yang harus di lakukan untuk membebaskan bangsa ini? sekarang adalah "PR" untuk pemerintah,walaupun sudah banyak 'PR" yang belum terselesaikan."YA" pemerintah harus dan harus bisa mengambil keputusan yang bijak,keputusan yang terbaikuntuk negeri ini,jangan hanya omong kosong belaka tapi hasilnya nol besar.
setiap bangsa yang ingin berdiri kokoh dan mengetahui dengan jelas arah mana tujuan yang ingin di capainya sangat memerlukan pandangan hidup.dengan pandangan hidup yang jelas suatu bangsa akan memiliki pegangan dan pedoman bagaimana ian memecahkan masalah poloti,sosial-ekonomi dan budaya yang di timbulkan dalam gerakan masyarakat yang makin maju.dengan pandangan hidup itulah suatu bangsa akan menemukan jati dirinya.
sebagian masyarakat saat ini sudah meragukan kinerja pemerintah,begitu banyak persoalan-persoalan yang belum bisa ter-atasi dengan baik dan tuntas.salah satu contoh kasus bank century.masyarakat bertanya-tanya tentang kasus ini,kenapa masih belum juga di tangani? apa kendalanya? masuh adakah bukti yang belum di lampirkan? ada apa dan kenapa? sebuah pertanyan yang logis dan mungkin juga sebagaian dari pemerintah akan sulit untuk menjawabnya,tetapu bagaimanapun itu pemerintah harus bisa menjawabnya,karena ini menyangkut kredibilitas pemerintah.
kemudian saat ini juga merebak atau maraknya peledakan yang di akibatkan oleh tabung gas elpiji.kenapa itu sampai bisa terjadi? apakh pembuatannya sudah sesuai dengan "SOP"? apakah sudah di uji coba sebel di sistribusikan ke rakyat? inilah yang menjadi pertanyaan saat ini,apa solusi yang terbaik yang akan di ambil pemerintah dengan maraknya kasus-kasus peledakan yang sering terjadi dan memakan korban jiwa.yang seharusnya di lakukan pemerintah untuk mengurangi dampak dari peledakan tabung gas adala;
1. menarik semua tabung gas elpiji yang saat ini beredar di masyarakat.
2. di kaji ulang kelayakannya,pembuatan tabung gas tersebut,apakah sudah sesuai ketebalannya.
3. sesuaikan dengan "SOP"

dengan ditariknya seluruh tabung gas yang ada maka akan mengurangi tingkat peledakan yang di akibatkan oleh tabung gas itu sendiri,tetapi kalau hal itu tidak di lakukan,maka akan semakin banyak korban akibat tabung tersebut.pertanyaanya : apakah pemerintah mau dan akan membantu korban dari peledakan tabung gas tersebut? ini masalah sosial-okonomi,ekonomi masyarakat sangat memprihatinkan,dengan adanya perisriwa semacam ini akan membuat masyarakat semakin terpuruk,jangankan untuk membayar biaya rumah sakit untuk makan saja mereka sulit.itu harus segera di pikirkan oleh pemerintah saat ini.ini adalah 2 contoh dari sekian banyak persoalan konflik politik di negeri ini.
sebagai bangsa yang bermartabat yang ber-asas kan pancasila dan UUD 1945.pakah pemerintah mencermati,meneliti,dan memahami isi dari asas pancasila dan UUd 1945? pengalaman sejarah yang cukup pahit dan harus di bayar dengan mahal,itu mengharuskan kita merenungi pada keyakinan dan kebenaran akan pancasila sebagai dasar negara.yang dari pengalaman sejarah lita sendiri telah terbukti selalu dipertahankan oleh rakyat indonesi.karena itu jawaban satu-satunya adalah bagaimana kita semua tanpa kecuali secara benar menghayati dan mengamalkan pancasila.

pemerintah harus mengkaji ulang seluruh aspek fundamental sat ini.lakukan terobosan-terobosan,inovasi-inovasi terbaru di segala bidang dengan mengacu pada pancasila dan UUD 1945.pemerintah jangan asal bicara saja,jangan hanya bisa ber-impropisasi saja tapi hasilnya nol besar,pemerintah harus bisa mebuat masyarak percaya,yakin dan buatlah masyarakat tenang.

ada 4 pokok pikiran dalam UUD 1945 yang harus menjadi acuan bagi pemerintah :
1. "negara" melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia dengan berdasarkan atas persatuan dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia
2. negara hendaknya mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh r4akyat indonesia
3. negara yang berkedaulatan rakyat,berdasatkan atas kerakyatan dan permusyawatan/perwakilan
4. nedar4a berdasarkan atas ketuhanan yang maha esa.

dari 4 pokok pikiran di atas,apakah pemerintah sudah mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. "TIDAK".
sa salam pasal 33 dan 34 mengatur hesejahteraan sosial,demokrasi ekonomi,produksi dikerjakan oeh semua,untuk semua,kemakmuran masyarakat yang di utamakan bukan kemakmuran orang per-orang.
titik balik dari pemerataan kesenjangan sosial adalah :
1. asas manfaat
2. asas usaha bersama dan kekeluargaan
3. asas demokrasi
4. asas adil dan makmur
5. asas berkehidupan dan berkesinambungan
6. asas kesadaran hukum
7. asas kepercayaan diri

indonesia adalah negara besar,penuh dengan kekayaan alamnya.tetapi kenapa kekayaan alam indonesia ini sebagian di kelolah oleh perusahaan-perusahaan asing? kenapa di berikan kepada perusahaan-perusahaan dalam negeri dan atau pemerintah sendiri yang mengelolahnya? jawabannya adalah kurangnya sumberdaya manusia yang terampil,yang bisa mengangkat harkat dan martabat bangsa ini di mata dunia internaional,agar bangsa ini tidak di pandang sebelah mata oleh bangsa lain.bagaimanakah? inilah peranan penting untuk pemerintah ;
1. melakukan pendidikan nasional secara terpadu
2. memperluas pendidikan di luar sekolah
3. meningkatkan pertumbuhan,peranan dan mutu pendidikan
4. meningkatkan mutu di setiap jenjang pendidikan yang mengacu pada iptek
5. meningkatkan,memperluas pendidikan,pengajaran pendidikan serta pembinaan guru serta tenaga pendidik lainnya secara terpadu
6. menyempurnakan,meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan termasuk jumlah dan mutu kurikulum pendidikan
7. mengembangkan budaya keilmuan sedini mungkin secara berkelanjutan dan berkesinambungan di kalangan masyarakat
8. menciptakan masyarakat yang maju dan sejahtera melalui pembangunan ilnu pengetahuan dan tehnologi

tetapi sampai saat ini pemerataan mutu pendidikan sangat-sangat jauh dari harapan,di pelosok-pelosok negeri ini masih banyak yang terjamah oleh mutu pendidikan,bagaimana indonesia bisa menciptakan orang-orang yang kredibel dan kompeten.
kemudian dari sisi ekonomi,masyarakat indonesia juga jauh dari pemerataan sosial,yang kaya semakin kaya,yang miskin semakin tertindas.untuk meningkatkan perekonomian dalam negeri dan untuk menungkatkan kesejahteraan masyarakat i8ndonesia adalah salah satu sasaran dalam pembangunan,kativitas perdagangan di dalam negeri merupakan salah satu penujnjang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.o;eh sebab itu tentu saja pemerintah harus memberikan perhatian yang sangat serius wujudkan perhatian peran pemerintah dalam kegiatan perdagangan antara lain :
1. mengeluarkan peraturan-peraturan pelaksanaan perdagangan
2. melakukan deregulasi yang bersifat mendorong kegiatan dan pertumbuhan bisnis
3. membangun infrastruktur yang menunjang perkembangan bisnis
4. memberikan fasilitas investasi
5. melaksanakan pembinaan dan pengembangan bisnis dengan departemen terkait

khusus untuk pembangunan infrastruktur,peranan ini sabgat penting sebagai urat nadi kehidupan okonomi,sosial-budaya,politik,keamanan.dengan menungkatnya sarana dan prasarana transportasi serta menyempurnakan pengaturan yang harus selalu di dasarkan pada kepentingan nasional,perjatian khusus di berikan pada perluasan sistem transportasi kawasan timur indonesia,kalimantan serta daerah-daerah tertinggal lainnya,ke dan di daerah pedesaan dan pulau terpencil serta wilayah perbatasan.
negeri ini sudah lebih dari 1 dekade mengalami krisis ekonomi,mengalami defisit keuangan,moral-moral para pejabat pemerintahan si pertanyakan,maraknya korupsi membuat kira bertanya-tanyakemanakah uang hasil pajak bumi negeri ini selama ini?
masih banyakkah gayus-gayus yang lain yang masih belum terungkap? hukum adalah hukum,hukum harus di tegakkan dan tidak pandang bulu,siapa dia,apa jabatan dia dan dari golongan apa.
indonesia kaya raya dengan hasil bumi nya yang melimpah,seharusnya bisa memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan rakyatnya,bisa membayar hutang-hutang luar negeri dan mengembalikan stabilitas ekonomi,tetapi masih banyaknya orang-orang yang mempunyai moral yang bejat,yang hanya memikirkan kehisupan pribadi rela mengorbankan orang banyak hanya untuk memperkaya diri sendiri,yang kaya semakin kaya,yang miskin senakin tertindas,itulah hukum yang harus di tegakkan.
kembali ke infrastruktur,pemetaan tata ruang di segala bidang perlu di kaji ulang,khusus daerah sentral industri seperti jakarta,untuk mengurangi urbanisasi,pemerintah harus segera menanganunya dengan membangun monorel untuk mengurangi angka kemacetan.pemerintah juga harus menetapkan kota-kota sentral bisnis,kota pemerintahan dalam hal ini khusus kepresidenan..kalau tidak salah dahulu sewaktu zaman pemerintahan presiden doekarno,bung karno pernah merencanakan akan memindahkan pusat pemerintahan ke kalimantan tengah karena pemikiran beliau adalah bahwa kalimantan merupakan pulau yang berada tepat di tengah-tengah negara indonesia dan letaknya sangat strategis,adakah pemerintah akan memindahkan pusat pemerintahan untuk pemerataan pembangunan dan mengurangi kepadatan penduduk?
dan untuk menekan laju pertumbuhan kota jakarta dan sekitarnya pemerintah harus meng-aktifkan kembali transmigrasi agar pemerataan kependudukan sama.jayalah negeriku,jayalah bangasaku,jayalah indonesia.

Tidak ada komentar: